Apa sih batasan kompresi?

Oke... apasih batasan kompresi?waduh kompresi mesin aja punya batasannya apalagi manusia wkwk.. 
Banyak orang bilang adalah bahan bakar. Bahan bakar dg oktanrendah dipadu kompresi tinggi dianggap tidak ideal karenaakan menyebabkan detonasi! Tapi yang jarang diketahui orangbanyak, bahwa detonasi sebenarnya lebih diakibatkan dr panas.Seperti ketika ngonangi dia jalan dg om-om Knocking akan merusak mesin bila panas kubah ruang bakar memantik tekanan udara bahan bakar lebih dulu sebelum busimenyala. Jadi ada ledakan dari sumber lain yg bertarung dg ledakan dari busi. Maka lebih penting untuk memahami ini ketimbang menyalahkan kompresi terlebih dahulu. Sumber panas yg tidak diinginkan bisa juga berasal dari kepala elektroda busi yg terlalu nonjol, sudut tajam uang bakar, ujung tajam dome piston, dan bisa jg kesalahan program kontrol pengapian.


Lantas bagaimana cara mengurangi resiko detonasi ?

1. Mengurangi cylinder pressure

Menata kompresi statis maupun dinamis adalah salah satu

usaha terbaik yg bisa dilakukan. Stroke up dengan stang

pendek jadi satu sumber momok crank pressure yg ganas.

2. Merendahkan derajat pengapian

Jika kamu beruntung detonasi d mnesin mu tidak disebabkan

oleh panas piston dan kubah, maka dg memundurkan

pengapian bisa menjadi obat.

3. Menaikkan oktan bahan bakar

Oktan bahan bakar memang kunci jawaban peredam detonasi.

Semakin tinggi oktan bbm maka sifatnya semakin tidak mudah

terbakar.

4. Ganti dengan busi dingin.

Busi terlalu panas bisa menyebabkan detonasi. Kalau terlalu

dingin gampang matian krn tertutup deposit karbon. Mesin sto

ganti iridium = mubadzir. Mesin balap pakai busi panas =

jagoan.

5. Setingan basah

Motor std pabrikan umumnya disetel di AFR 14.7:1 (uirit pol),

dan memang tenaga terbesar seringkali ketemu ketika point

AFR masih 13.1:1. Namun beberapa tuner menambah bahan

bakar nya 1 step ke 12.5: 1 untuk keamanan tuning.

6. Tingkatkan kualitas pendinginan

Selain kualitas oli yang bagus, rutinitas penggantian oli juga

krusial. Pompa oli high flow juga berpengaruh. Untuk yg

berpendingin air bisa juga memperbesar radiator maupun

menambah bypass radiator.

Kalau kalian yg pernah ngalami, solusinya diapakan sobat ?

Tetap Sehat - Tetap Semangat!! Salam pejuang kompresiiii

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengapian dan limiter rpm pada motor

Torsi Weight Rasio