Apa sih batasan kompresi?
Lantas bagaimana cara mengurangi resiko detonasi ?
1. Mengurangi cylinder pressure
Menata kompresi statis maupun dinamis adalah salah satu
usaha terbaik yg bisa dilakukan. Stroke up dengan stang
pendek jadi satu sumber momok crank pressure yg ganas.
2. Merendahkan derajat pengapian
Jika kamu beruntung detonasi d mnesin mu tidak disebabkan
oleh panas piston dan kubah, maka dg memundurkan
pengapian bisa menjadi obat.
3. Menaikkan oktan bahan bakar
Oktan bahan bakar memang kunci jawaban peredam detonasi.
Semakin tinggi oktan bbm maka sifatnya semakin tidak mudah
terbakar.
4. Ganti dengan busi dingin.
Busi terlalu panas bisa menyebabkan detonasi. Kalau terlalu
dingin gampang matian krn tertutup deposit karbon. Mesin sto
ganti iridium = mubadzir. Mesin balap pakai busi panas =
jagoan.
5. Setingan basah
Motor std pabrikan umumnya disetel di AFR 14.7:1 (uirit pol),
dan memang tenaga terbesar seringkali ketemu ketika point
AFR masih 13.1:1. Namun beberapa tuner menambah bahan
bakar nya 1 step ke 12.5: 1 untuk keamanan tuning.
6. Tingkatkan kualitas pendinginan
Selain kualitas oli yang bagus, rutinitas penggantian oli juga
krusial. Pompa oli high flow juga berpengaruh. Untuk yg
berpendingin air bisa juga memperbesar radiator maupun
menambah bypass radiator.
Kalau kalian yg pernah ngalami, solusinya diapakan sobat ?
Tetap Sehat - Tetap Semangat!! Salam pejuang kompresiiii

Komentar
Posting Komentar